Profil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten

Sejarah Singkat

Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Banten

Proses pembangunan di Provinsi Banten dilakukan disegala bidang satu diantaranya adalah bidang pendidikan, terkoordinasi melalui Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Banten yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah. Kepala Dinas Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan bidang pendidikan (Pergub No: 26 Tahun 2008).

Seiring dengan perkembangan dan perjalanan pemerintahan provinsi Banten, saat ini telah tiga belas tahun perjalanan pembangunan di bidang pendidikan. Regulasi-regulasi bidang pendidikan telah banyak dilahirkan, inovasi-inovasi bidang pendidikan telah banyak dikembangkan, dan anggaran pendidikan dari waktu ke waktu naik cukup signifikan. Sebagai daerah pecahan dari Jawa Barat yang ditetapkan pada tanggal 6 Oktober 2000 melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2000, Pemerintah Provinsi Banten memiliki perhatian penuh dalam melaksanakan pembangunan pendidikan. Salah satu komitmen yang dibangun adalah mengotimalkan layanan pendidikan :

  1. Pendidikan Formal (TK, SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi)
  2. Non Formal Informal (PAUD, Kursus dan Kelembagaan, Keaksaraan)
  3. Balai Pelayanan Pendidikan Khusus (Pendidikan Luar Biasa dan Cahaya Madani Boarding Banten School setingkat SMA)
  4. Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi
  5. Balai Pendidikan Non Fomal Informal

Perkembangan struktur organisasi dan tata kerja Dinas Pendidikan Provinsi Banten selama kurun waktu tiga belas tahun telah mengalami perubahan yang cukup dinamis. Perubahan ini merupakan regulasi strategis dalam rangka mengikuti/menyesuaikan perkembangan dan tuntutan masyarakat. Regulasi strategis tersebut terbagi menjadi 3 (tiga) tema strategis pembangunan pendidikan sebagai berikut.

Tahap Pertama (2001-2002):

Pada masa ini merupakan tahap konsolidasi dan inisiasi, yakni menekankan pada penguatan dan penggalangan kerjasama, penguatan managerial dan inisiasi peningkatan pelayanan umum, dan percepatan pembangunan. Visi pembangunan pendidikan saat itu adalah “Pendidikan untuk semua menuju Banten Cerdas 2007”.

Tahap Kedua (2003-2006) :

Memprioritaskan pada dua tema strategis pembangunan pendidikan yakni:

  1. Tahap inisiasi dan percepatan pembangunan pendidikan (2003-2004), meliputi: inisiasi program Strategis, prasarana dasar dan ketahanan ekonomi kerakyatan, penyelenggaraan pembangunan, dan sistem tatanan kehidupan masyarakat.
  2. Tahap pengembangan dan diversifikasi pembangunan pendidikan (2005-2006), meliputi: pengembangan dan diversifikasi secara horisontal dan vertikal hasil tahap sebelumnya, koreksi dan penyempurnaan secara efektif, perwujudan sistem dan tatanan sosial pemasyarakatan, serta perwujudan pemerintahan dan pembangunan yang established. Karena itu visi pendidikan pada saat itu adalah “Terwujudnya Pendidikan Untuk Semua Menuju Banten Cerdas 2007 Dalam Rangka Membentuk Masyarakat Madani, Religius, dan Edukatif”.

Tahap Ke tiga (2007 – 2010) :

Pada periode ini tema strategis pembangunan pendidikan berorientasi pada peningkatan kapasitas dan modernisasi mendorong terciptanya insan Banten yang cerdas dan kompetitif dalam tatanan masyarakat lokal dan global difokuskan pada peningkatan daya tampung satuan pendidikan yang ada, dengan visi pendidikan nya “Pendidikan Bermutu untuk Semua Menuju Banten Bermartabat dan Sejahtera”.

Tahap Ke empat (2012-2017) :

Focus pembangunan pendidikan Provinsi Banten ke depan diarahkan untuk:

  1. Meningkatkan mutu dan daya saing SDM Masyarakat Banten pada era perekonomian berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dan pembangunan ekonomi kreatif.
  2. Pendidikan menjadi wahana strategis bagi upaya mengembangkan segenap potensi individu masyarakat Banten, sehingga cita-cita membangun masyaraket Banten sejahtera dapat tercapai.
  3. Pembangunan pendidikan Banten diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan bagi pesertadidik yang berbudaya dengan dilandasi iman dan takwa, sehingga upaya memelihara persatuan dan kesatuan masyarakat Banten dapat terwujud, dengan visi pendidikan : Terwujudnya Sinergitas Pembangunan Pendidikan Untuk Semua Menuju Rakyat Banten Unggul, Sejahtera, Berbudaya, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Periode Kepala Dinas dari waktu ke waktu

2014-

Engkos Kosasih Samanhudi

  • Tahun 2017 Dinas Pendidikan Berubah menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  • Terbitnya Pergub No. 83 dan No. 86 tahun 2016 tentang SOTK baru dengan adanya cabang dinas disetiap Kabupaten / Kota, UPT Taman Budaya, UPT Museum dan perubahan Balai Tekkom menjadi Balai Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan, yang didasari oleh Penerapan PP No.23 Tahun 2014 Tentang Pelimpahan Wewenang SMA dan SMK dari Pemkab/Pemkot ke Pemerintah Provinsi
2012-2014

Hudaya Latuconsina

  • Berkantor di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)
  • Visi Dinas Pendidikan Menjadi : "Terwujudnya Sinergitas Pembangunan Pendidikan Untuk Semua Menuju Rakyat Banten Unggul, Sejahtera, Berbudaya, Berlandaskan Iman dan Taqwa"
2010-2012

Ajak Moeslim

  • Berkantor di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)
  • 2008-2010

    Eko Endang Koswara

  • Berkantor di Lingkar Selatan
  • 2007 - 2008

    Widodo Hadi

  • SOTK Dinas Pendidikan Provinsi Banten mengalami perubahan berdasarkan pada Pergub Banten Nomor: 46 Tahun 2008 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai PNFI, Perubahan Pergub Banten Nomor : 30 Tahun 2008 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Teknologi dan Komunikasi Dinas Pendidikan (TEKKOM Dindik)
  • 2006 - 2007

    Yunadi Sachroni

    • Visi 2006: "Pendidikan Bermutu Untuk Semua Menuju Banten Bermartabat dan Sejahtera"
    • Keluar Pergub No: 29 tahun 2006 tentang tanggal 25 September tentang SOTK Dinas Pendidikan Provinsi Banten dengan adanya penambahan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pelayanan Pendidikan Khusus (BPPK)
    2001 - 2006

    Didi Supriadie

    • Dibentuknya dinas Pendidikan lewat SK Gub No 2 Tahun 2001
    • Kantor pertama bertempat di Pendopo sampai Tahun 2002
    • Tahun 2002-2005 Berkantor di Jl. Jayadiningrat No 8 Kaujon - Kota Serang
    • Tahun 2005 Berkantor di Kota Serang Baru
    • Visi 2001-2003: "Pendidikan Untuk Semua Menuju Banten Cerdas 2007"
    • Visi 2003-2006: "Pendidikan Untuk Semua Menuju Banten Cerdas 2007 Dalam rangka membentuk Masyarakat madani, Religius dan Edukatif"